Pages

Portal Berita menyajikan berita-berita terhangat dan terupdate

Rabu, 08 Januari 2014

Kedokteran UI Siap Cetak Dokter Layanan Primer



depoknews.com | Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) Dr. dr. Ratna Sitompul, mengatakan, untuk memajukan FK UI ke depan maka pihaknya kini tengah mempersiapkan Medical Education Reasearch Center di UI Salemba.
Reasearch Center itu ditujukan untuk penelitian kedokteran dan pendidikan kedokteran. Ke depan untuk pendidikan kedokteran itu diarahkan ke dokter layanan primer. Dokter ini setara dengan dokter spesialis. Karena mahasiswa kedokteran yang  lulus S1, dapat melanjutkan pendidikan lanjutan layanan primer.
Dokter ini ditujukn untuk menjangkau masyarakat menengah ke bawah.
“Banyak sekali layanan kesehatan yang dibutuhkan masyarakat. Angkanya itu mencapai 80 persen. Nah masyarakat menengah ke bawah yang umumnya terbebani dengan mahalnya biaya dokter. Karena itu sistem pelayanan kesehatan harus diubah,” katanya di Gedung Rektorat UI, Jumat (20/12/13).
Ratna menyatakan bahwa adanya dokter layanan primer ini membuat masyarakat tak perlu lagi menyembuhkan penyakit ke dokter spesialis. Jika penyakit yang diderita masyarakat itu dikategorikan berat dan membutuhkan dokter spesialis untuk penyembuhannya maka dokter layanan primer akan merujuk ke dokter spesialis.
“Pengobatan itu dibuat berjenjang. Dari dokter umum ke dokter layanan primer lalu dokter spesialis dan ke dokter sub spesialis. Selama ini kan masyarakat itu sakitnya kategori ringan, namun berobat ke dokter spesialis. Akibatnya biayanya mahal,” tandasnya.
Selain hal itu, lanjutnya FK UI kini mengawal terwujudnya pembangunan Rumah Sakit UI. Terpenting dalam terwujudnya RS UI itu adalah merencanakan sistem pelayanan. Sistem pelayanan itu mengintegrasikan pelayanan gigi, perawat, farmasi, dan kesehatan masyarakat.
(Akbar)
- See more at: http://depoknews.com/kedokteran-ui-siap-cetak-dokter-layanan-primer
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

Dapatkan Berita Via Email

Bergabung lebih dari 1.500 orang telah terdaftar Email buletin dengan Kabar terakhir,yang selalu update info-info menarik dari Depok

Bila Anda berlangganan, Anda akan menerima email dari kami masukkan email untuk menyelesaikan proses pendaftaran.

0 komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 

Posts RSSComments RSSBack to top
Copyright © 2014 by Portal Berita Informasi ∙ Design by Daniel Pasaribu Support Potato